Friday, May 17, 2013

Operator Komputer, tidak sekedar Bisa Mengoperasikan Komputer

Wijaya Nugroho(682011014), Chris Cassandra(682011016), 
Vionita Mandala (682011012), Adetia Anin U(682011019), 
Puput Yunita S(682011038)

Tentang Operator

Pada bagian ini akan dibahas dua jenis operator yaitu  Computer Operator dan Data Entry OperatorComputer Operator adalah operator yang bertanggung jawab atas semua peralatan yang ada dalam sistem komputerisasi, memeriksa dan mencoba komputer dan peralatan lain apakah dapat dipergunakan sebagaimana mestinya dan menonfungsikan peralatan bila tidak dipergunakan, membuat catatan tentang pelaksanaan jadwal kegiatan penggunaan komputer, membuat backup dari sejumlah file yang ada dan pengawasan dari file backup tersebut serta bertanggung jawab atas kebersihan dan kerapihan ruang komputer. Sedangkan Data Entry Operator bertugas melaksanakan input data dari sumber data untuk diakses kedalam media komputer.  Ia tidak boleh merangkap profesi sebagai data controller.

Staff operator komputer yang sesungguhnya adalah orang yang bertanggung jawab untuk memantau dan mengendalikan sistem komputer sistem komputer terutama mainframe dalam suatu perusahaan atau organisasi (lihat penjelasan kelompok keempat pekerjaan di bidang teknologi informasi). Tanggung jawabnya meliputi masalah perangkat lunak dan masalah hardware, pemantauan batch processing, mempertahankan dan meningkatkan kinerja sistem dan ketersediaan online, menjaga semua sistem dan dokumentasi aplikasi, dan membantu personel dengan masalah komputer.

Operator tentu saja memerlukan ketrampilan dan pengalaman tertentu,  harus bisa mengoperasikan komputer dengan baik dan benar  Harus bisa membaca dan menulis. Sudah jelas pekerjaan apapun selain operator juga harus perlu disiplin ilmu, pengalaman tertentu, serta ketrampilan tertentu karena pengetahuan yang kita dalami merupakan keahlian utama kita.

Syarat dan sertifikasi operator

Untuk sekedar menjadi staff komputer yang bertugas untuk mengoperasikan komputer tidak diperlukan sertifikasi, namun lebih membutuhkan pelatihan (saat kami menyusun tugas banyak di Google ditawarkan macam – macam pelatihan bagi staff operator komputer). Tapi untuk sertifiikasi staff komputer sendiri juga ada. Salah satu lembaga yang menawarkan sertifikasi untuk staff komputer itu adalah LSP Telematika. Syarat, ketentuan, jenis sertifikasi ada di dalam link yang kami berikan dibawah. Namun ada pula , Sertifikasi Oracle, berkaitan dengan tugas data entry operator .

Organisasi profesi dan kode etik operator

Untuk organisasi profesi khusus operator komputer di Indonesia sendiri masih belum ada. Untuk kode etik sendiri juga masih berdasar standar kompetensi operator yang dikeluarkan oleh Batlibang Kominfo.
Kalau kode etik umum:

  • Memiliki kemampuan mengoperasikan komputer.
  • Sopan terhadap pelanggan, ingat pepatah “pembeli adalah raja”. Palanggan juga pembeli, jadi pelayanan harus nomor 1. Jangan sampai pelanggan kabur hanya gara-gara operatornya tidak ramah, jadi untuk para operator  harus menjaga kesopanan dan berusahalah mengenal pelanggan lebih dekat. Dengan begini pelanggan akan lebih royal.
  • Harus Ontime, disiplin.
  • Izin tidak masuk, kalau ingin izin harus memberi tahu ,surat menyusul tidak masalah.
  • Profesionalisme bagian kerja,job desc, tidak mencampur adukan masalah pribadi ke pekerjaan. 
  • Menghormati dan menaati segala peraturan yang diatur.

Kalau kode etik sebagai data entry operator:

  • seorang data entry operator harus menguasai ilmu secara mendalam di bidangnya .
  • seorang data entry operator harus mampu mengkonvensi ilmu menjadi keterampilan .
  • seorang data entry operator harus menjunjung tinggi etika dan intergritas profesi .
  • seorang data entry operator harus bertanggung jawab dalm menjalankan tugas seorang data entry .
  • seorang data entry operator harus menguasai materi yang diberikan dan menyeleksi yang akan diinput.

Untuk operator data entry ada karena itu adalah salah satu profesi di bidang TI, mungkin ikut bergabung dalam Perhimpunan Ahli Teknik Indonesia (PATI)

Apakah operator bisa disebut profesi? Kalau menurut kami, tergantung dari perspektif dari mana kita melihat, ada yang dapat disebut sebagai profesi tetapi ada yang hanya pekerjaan saja tanpa membutuhkan latar belakang pendidikan, sertifikat dan lainya.

Sumber :
http://balitbang.kominfo.go.id/balitbang/blog/2012/05/01/skkni-bidang-keahlian-operator-komputer/.
http://directory.umm.ac.id/tik/etika-003.pdf. http://whatis.techtarget.com/definition/computer-operator .
http://lsp-telematika.com/?menu=2&nav=20&subnav=39&cluster=1.
http://afeyaja.blogspot.com/2011/09/etika-profesi-it.html
http://blog.uin-malang.ac.id/ellie/2011/06/profesi-di-bidang-teknologi-informasi-etika-profes/
http://www.tanyapedia.com

2 comments: